Pendidikan Agama Kristen Advent
SELAMAT DATANG DI KAMPUS SLAPUR - See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-tulisan-berjalan-marquee.html#sthash.A7IzSU3m.dpuf

Senin, 15 Januari 2018

Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial



Lampiran      : Lembar Pengamatan
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial

Pedoman Observasi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4          = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3          = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak     
   melakukan
2          = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
   melakukan
1          = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                          : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan            : …………………..
Materi Pokok                                     : …………………..
Kode Pengamatan                 : .........................

Kode
Aspek Pengamatan/Indikator
Skor
1
2
3
4

SIKAP SPIRITUAL





Syukur (SY)




SY.1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




SY.2
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




SY.3
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




SY.4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan





Tawaqqal (T)




TQ.1
Menerima hasil apapun sesuai dengan kehendak Tuhan




TQ.2
Menggantungkan segala sesuatu kepada Tuhan





SIKAP SOSIAL

Santun (S)




S.1
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




S.2
Menghormati orang yang lebih tua




S.3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




S.1
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain





Peduli (P)




P.1
Menjaga Kebersihan dan kebersihan kelas




P.2
Membantu guru bila diperlukan




P.3
Saling membantu teman yang membutuhkan





Jujur




J.1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




J.2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




J.3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




J.4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




J.5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki





Disiplin




D.1
Masuk kelas tepat waktu




D.2
Mengumpulkan tugas tepat waktu




D.3
Memakai seragam sesuai tata tertib




D.4
Mengerjakan tugas yang diberikan




D.5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran




D.6
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran




D.7
Membawa buku teks mata pelajaran





Percaya Diri




PD.1
Berani presentasi di depan kelas




PD.2
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




PD.3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu





Cinta Damai




CN.1
Menghindari perselisihan dengan teman lain




CN.2
Meminta maaf dan memberi maaf bila terjadi perselisihan




CN.3
Menjaga kenyamanan dalam berinteraksi dalam kelas





Kerja Sama




KRJ.1
Aktif dalam kerja kelompok




KRJ.2
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan teman sekelompok




KRJ.3
Bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan bersama





Tanggung Jawab




TJ.1
Melaksanakan setiap pekerjaan  yang menjadi tanggung jawabnya




TJ.2
Melaksanakan tugas individu dengan baik




TJ.4
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




TJ.3
Menepati janji





Skor Total





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal


Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir:
 14 x 4 = 2,8
 20

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor ≤ 1,33



Lampiran      : Lembar Penilaian Antar Peserta Didik

Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Antar Peserta Didik

Petunjuk Pengisian:
Berdasarkan perilaku teman kalian selama pembelajaran dalam pada Bab yang kita pelajari di 2 minggu ini, nilailah sikap temanmu
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual dan sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4          = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3          = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak    
   melakukan
2          = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
   melakukan
1          = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                          : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan            : …………………..
Materi Pokok                                     : …………………..
Kode Pengamatan                 : .........................

Kode
Aspek Pengamatan/Indikator
Skor
1
2
3
4

SIKAP SPIRITUAL





Syukur (SY)




SY.1
Teman saya Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




SY.2
Teman saya Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




SY.3
Teman saya Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




SY.4
Teman saya Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan





Tawaqqal (T)




TQ.1
Teman saya Menerima hasil apapun sesuai dengan kehendak Tuhan




TQ.2
Teman saya Menggantungkan segala sesuatu kepada Tuhan





SIKAP SOSIAL

Santun (S)




S.1
Teman saya Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




S.2
Teman saya Menghormati orang yang lebih tua




S.3
Teman saya Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




S.1
Teman saya Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain





Peduli (P)




P.1
Teman saya Menjaga Kebersihan dan kebersihan kelas




P.2
Teman saya Membantu bila diperlukan





Jujur




J.1
Teman saya Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




J.2
Teman saya Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




J.3
Teman saya Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya





Disiplin




D.1
Teman saya Masuk kelas tepat waktu




D.2
Teman saya Mengumpulkan tugas tepat waktu




D.3
Teman saya Memakai seragam sesuai tata tertib




D.4
Teman saya Mengerjakan tugas yang diberikan




D.5
Teman saya Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran




D.6
Teman saya Membawa buku teks mata pelajaran





Percaya Diri




PD.1
Teman saya Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




PD.2
Teman saya Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu





Cinta Damai




CN.1
Teman saya Menghindari perselisihan dengan teman lain




CN.2
Teman saya Meminta maaf dan memberi maaf bila terjadi perselisihan




CN.3
Teman saya Menjaga kenyamanan dalam berinteraksi dalam kelas





Kerja Sama




KRJ.1
Teman saya Aktif dalam kerja kelompok




KRJ.2
Teman saya Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan teman sekelompok




KRJ.3
Teman saya Bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan bersama





Tanggung Jawab




TJ.1
Teman saya Melaksanakan setiap pekerjaan  yang menjadi tanggung jawabnya




TJ.2
Teman saya Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




TJ.3
Teman saya menepati janji











Skor Total




Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir:
 14 x 4 = 2,8
 20
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor ≤ 1,33
Lampiran      : Lembar Penilaian Diri

Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Diri Sendiri

Petunjuk Pengisian:
Berdasarkan perilaku diri kalian selama pembelajaran dalam pada Bab yang kita pelajari di 2 minggu ini, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan jujur
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual dan sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4          = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3          = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak    
   melakukan
2          = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
   melakukan
1          = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                          : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan            : …………………..
Materi Pokok                                     : …………………..
Kode Pengamatan                 :
Kode
Aspek Pengamatan/Indikator
Skor
1
2
3
4

SIKAP SPIRITUAL





Syukur (SY)




SY.1
Saya Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




SY.2
Saya Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




SY.3
Saya Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




SY.4
Saya Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan





Tawaqqal (T)




TQ.1
Saya Menerima hasil apapun sesuai dengan kehendak Tuhan




TQ.2
Saya Menggantungkan segala sesuatu kepada Tuhan





SIKAP SOSIAL

Santun (S)




S.1
Saya Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




S.2
Saya Menghormati orang yang lebih tua




S.3
Saya Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




S.1
Saya Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain





Peduli (P)




P.1
Saya Menjaga Kebersihan dan kebersihan kelas




P.2
Saya Membantu bila diperlukan











Jujur




J.1
Saya Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




J.2
Saya Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




J.3
Saya Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya





Disiplin




D.1
Saya Masuk kelas tepat waktu




D.2
Saya Mengumpulkan tugas tepat waktu




D.3
Saya Memakai seragam sesuai tata tertib




D.4
Saya Mengerjakan tugas yang diberikan




D.5
Saya Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran




D.6
Saya Membawa buku teks mata pelajaran





Percaya Diri




PD.1
Saya Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




PD.2
Saya Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu











Cinta Damai




CN.1
Saya Menghindari perselisihan dengan teman lain




CN.2
Saya Meminta maaf dan memberi maaf bila terjadi perselisihan




CN.3
Saya Menjaga kenyamanan dalam berinteraksi dalam kelas





Kerja Sama




KRJ.1
Saya Aktif dalam kerja kelompok




KRJ.2
Saya Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan teman sekelompok




KRJ.3
Saya Bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan bersama





Tanggung Jawab




TJ.1
Saya Melaksanakan setiap pekerjaan  yang menjadi tanggung jawabnya




TJ.2
Saya Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





TJ.3
Saya menepati janji











Skor Total





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal


Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir:
 14 x 4 = 2,8
 20

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor ≤ 1,33




Lampiran      : Jurnal Pengamatan Guru

Petunjuk Pengisian:
1)     Tulislah identitas peserta diri
2)     Tulislah tanggal pengamatan
3)     Ceritakan kejadian-kejadian yang di alami oleh peserta didik yang merupakan kekuatan maupun kelemahan peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan kompetensi inti
4)     Tulislah dengan segera kejadian yang di amati

No
Nama Siswa
Hari/Tanggal
Kejadian
Tindak Lanjut















































3 komentar:

  1. Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy

    BalasHapus
  2. Minta kirim ke Email saya bisa?

    BalasHapus

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimkVxv75GOxhRXgWcyT73UQSFxiYzsW5jWHvh2QObC-NAO9O9gVRm3B03qCSVLL4tZWwafUtkHUkceR-YNE-tHCFwB8uCavbfUWY3Y_siDqzgGe5t5O85inF3bRMNbJzN03M9HKJayyX8N/s800/bg_star.png