Lampiran : Lembar Pengamatan
Rubrik Penilaian Sikap
Spiritual dan Sosial
Pedoman Observasi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
…………………..
Kode Pengamatan :
.........................
|
Kode
|
Aspek Pengamatan/Indikator
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
SIKAP SPIRITUAL
|
||||
|
Syukur (SY)
|
|||||
|
SY.1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
|
SY.2
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
|
SY.3
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
|
SY.4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
|
|
Tawaqqal (T)
|
|
|
|
|
|
TQ.1
|
Menerima
hasil apapun sesuai dengan kehendak Tuhan
|
|
|
|
|
|
TQ.2
|
Menggantungkan
segala sesuatu kepada Tuhan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
SIKAP SOSIAL
|
|||||
|
|
Santun (S)
|
|
|
|
|
|
S.1
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
|
S.2
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
|
S.3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
S.1
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
|
|
Peduli (P)
|
|
|
|
|
|
P.1
|
Menjaga
Kebersihan dan kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
P.2
|
Membantu
guru bila diperlukan
|
|
|
|
|
|
P.3
|
Saling
membantu teman yang membutuhkan
|
|
|
|
|
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
J.1
|
Tidak
nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
|
J.2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
|
J.3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
|
J.4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
|
J.5
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
D.1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
D.2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
D.3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
|
D.4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
|
D.5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
D.6
|
Membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
D.7
|
Membawa
buku teks mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
|
PD.1
|
Berani
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
|
PD.2
|
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
PD.3
|
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
|
|
Cinta Damai
|
|
|
|
|
|
CN.1
|
Menghindari
perselisihan dengan teman lain
|
|
|
|
|
|
CN.2
|
Meminta
maaf dan memberi maaf bila terjadi perselisihan
|
|
|
|
|
|
CN.3
|
Menjaga
kenyamanan dalam berinteraksi dalam kelas
|
|
|
|
|
|
|
Kerja Sama
|
|
|
|
|
|
KRJ.1
|
Aktif
dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
KRJ.2
|
Mencari
jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan teman
sekelompok
|
|
|
|
|
|
KRJ.3
|
Bersedia
melakukan tugas sesuai kesepakatan bersama
|
|
|
|
|
|
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
TJ.1
|
Melaksanakan
setiap pekerjaan yang menjadi tanggung
jawabnya
|
|
|
|
|
|
TJ.2
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
|
|
|
|
|
TJ.4
|
Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
TJ.3
|
Menepati
janji
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Total
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan =
20, maka skor akhir:
14 x 4 = 2,8
20
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Lampiran : Lembar Penilaian Antar Peserta Didik
Rubrik Penilaian Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial Antar Peserta Didik
Petunjuk Pengisian:
Berdasarkan perilaku teman kalian selama pembelajaran
dalam pada Bab yang kita pelajari di 2 minggu ini, nilailah sikap temanmu
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
dan sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
Kode Pengamatan :
.........................
|
Kode
|
Aspek Pengamatan/Indikator
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
SIKAP SPIRITUAL
|
||||
|
Syukur (SY)
|
|||||
|
SY.1
|
Teman
saya Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
|
SY.2
|
Teman
saya Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
|
SY.3
|
Teman
saya Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
|
SY.4
|
Teman
saya Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat
melihat kebesaran Tuhan
|
||||
|
|
Tawaqqal (T)
|
|
|
|
|
|
TQ.1
|
Teman
saya Menerima hasil apapun sesuai dengan kehendak Tuhan
|
|
|
|
|
|
TQ.2
|
Teman
saya Menggantungkan segala sesuatu kepada Tuhan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
SIKAP SOSIAL
|
|||||
|
|
Santun (S)
|
|
|
|
|
|
S.1
|
Teman saya Bersikap 3S (salam, senyum,
sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
|
S.2
|
Teman saya Menghormati orang yang lebih
tua
|
|
|
|
|
|
S.3
|
Teman saya Menggunakan bahasa santun
saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
S.1
|
Teman saya Mengucapkan terima kasih
setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
|
|
Peduli (P)
|
|
|
|
|
|
P.1
|
Teman saya Menjaga Kebersihan dan
kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
P.2
|
Teman saya Membantu bila diperlukan
|
|
|
|
|
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
J.1
|
Teman saya Tidak nyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
|
J.2
|
Teman saya Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
|
J.3
|
Teman saya Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
D.1
|
Teman saya Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
D.2
|
Teman saya Mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
|
|
|
|
|
D.3
|
Teman saya Memakai seragam sesuai
tata tertib
|
|
|
|
|
|
D.4
|
Teman saya Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
|
|
|
|
|
D.5
|
Teman saya Membawa buku tulis sesuai
mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
D.6
|
Teman saya Membawa buku teks mata
pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
|
PD.1
|
Teman saya Berani berpendapat,
bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
PD.2
|
Teman saya Berpendapat atau melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
|
|
Cinta Damai
|
|
|
|
|
|
CN.1
|
Teman saya Menghindari perselisihan
dengan teman lain
|
|
|
|
|
|
CN.2
|
Teman saya Meminta maaf dan memberi
maaf bila terjadi perselisihan
|
|
|
|
|
|
CN.3
|
Teman saya Menjaga kenyamanan dalam berinteraksi
dalam kelas
|
|
|
|
|
|
|
Kerja Sama
|
|
|
|
|
|
KRJ.1
|
Teman saya Aktif dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
KRJ.2
|
Teman saya Mencari jalan untuk
mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan teman sekelompok
|
|
|
|
|
|
KRJ.3
|
Teman saya Bersedia melakukan tugas sesuai
kesepakatan bersama
|
|
|
|
|
|
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
TJ.1
|
Teman saya Melaksanakan setiap
pekerjaan yang menjadi tanggung
jawabnya
|
|
|
|
|
|
TJ.2
|
Teman
saya Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
TJ.3
|
Teman
saya menepati janji
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Total
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan =
20, maka skor akhir:
14 x 4 = 2,8
20
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Lampiran : Lembar Penilaian Diri
Rubrik Penilaian Sikap
Spiritual dan Sikap Sosial Diri Sendiri
Petunjuk Pengisian:
Berdasarkan perilaku diri kalian selama pembelajaran
dalam pada Bab yang kita pelajari di 2 minggu ini, nilailah sikap diri kalian
sendiri dengan jujur
Berilah tanda cek (ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
dan sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
Kode
Pengamatan :
|
Kode
|
Aspek Pengamatan/Indikator
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
SIKAP SPIRITUAL
|
||||
|
Syukur (SY)
|
|||||
|
SY.1
|
Saya Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
|
SY.2
|
Saya Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
|
SY.3
|
Saya Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
|
SY.4
|
Saya Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
|
|
Tawaqqal (T)
|
|
|
|
|
|
TQ.1
|
Saya Menerima
hasil apapun sesuai dengan kehendak Tuhan
|
|
|
|
|
|
TQ.2
|
Saya Menggantungkan
segala sesuatu kepada Tuhan
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
SIKAP SOSIAL
|
|||||
|
|
Santun (S)
|
|
|
|
|
|
S.1
|
Saya Bersikap 3S (salam, senyum,
sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
|
S.2
|
Saya Menghormati orang yang lebih
tua
|
|
|
|
|
|
S.3
|
Saya Menggunakan bahasa santun
saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
|
S.1
|
Saya Mengucapkan terima kasih
setelah menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
|
|
Peduli (P)
|
|
|
|
|
|
P.1
|
Saya Menjaga Kebersihan dan
kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
P.2
|
Saya Membantu bila diperlukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
J.1
|
Saya Tidak nyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
|
J.2
|
Saya Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
|
J.3
|
Saya Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
D.1
|
Saya Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
D.2
|
Saya Mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
|
|
|
|
|
D.3
|
Saya Memakai seragam sesuai
tata tertib
|
|
|
|
|
|
D.4
|
Saya Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
|
|
|
|
|
D.5
|
Saya Membawa buku tulis sesuai
mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
D.6
|
Saya Membawa buku teks mata
pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
|
PD.1
|
Saya Berani berpendapat,
bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
PD.2
|
Saya Berpendapat atau melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cinta Damai
|
|
|
|
|
|
CN.1
|
Saya Menghindari perselisihan
dengan teman lain
|
|
|
|
|
|
CN.2
|
Saya Meminta maaf dan memberi
maaf bila terjadi perselisihan
|
|
|
|
|
|
CN.3
|
Saya Menjaga kenyamanan dalam
berinteraksi dalam kelas
|
|
|
|
|
|
|
Kerja Sama
|
|
|
|
|
|
KRJ.1
|
Saya Aktif dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
KRJ.2
|
Saya Mencari jalan untuk
mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan teman sekelompok
|
|
|
|
|
|
KRJ.3
|
Saya Bersedia melakukan tugas
sesuai kesepakatan bersama
|
|
|
|
|
|
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
TJ.1
|
Saya Melaksanakan setiap
pekerjaan yang menjadi tanggung
jawabnya
|
|
|
|
|
|
TJ.2
|
Saya Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
TJ.3
|
Saya
menepati janji
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Total
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan =
20, maka skor akhir:
14 x 4 = 2,8
20
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik
memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Lampiran : Jurnal Pengamatan Guru
Petunjuk Pengisian:
1) Tulislah identitas peserta diri
2) Tulislah tanggal pengamatan
3) Ceritakan kejadian-kejadian yang di
alami oleh peserta didik yang merupakan kekuatan maupun kelemahan peserta didik
sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan kompetensi inti
4) Tulislah dengan segera kejadian yang di
amati
|
No
|
Nama Siswa
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|






Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy
BalasHapusMinta kirim ke Email saya bisa?
BalasHapusboleh minta filenya kak,
BalasHapus