Pendidikan Agama Kristen Advent
SELAMAT DATANG DI KAMPUS SLAPUR - See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-tulisan-berjalan-marquee.html#sthash.A7IzSU3m.dpuf

Senin, 19 Maret 2018

Soal LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Program            : XII
Hari/Tanggal               :
Waktu                          :  90 Menit
SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan menebalkan bulatan pada   huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia sesuai dengan pilihan jawaban yang paling tepat!
1.    Orang yang dewasa secara intektual , ia memiliki inisiatif, berani mencoba, mencari dan melaksanakan pendekatan lain dalam menyelesaikan masalah. Pola pikir orang yang dewasa demikian merupakan ciri pola pikir ....
A.    positif
B.    kritis
C.   lateral
D.   kreatif
E.    proaktif
2.    Berikut ini ciri pribadi yang orang yang dewasa dalam aspek sosial ....
A.    tidak lagi cengeng
B.    mampu menempatkan diri secara tepat, ditempat dan waktu yang tepat
C.   bisa mengendalikan diri terhadap dorongan seksual
D.   hidup takut akan Tuhan
E.    mengatur pola hidup antara istirahat dan bekerja secara seimbang
3.    Nilai yang berkaitan dengan perbuatan yang baik, benar, dan menghindari perbuatan yang jahat, merupakan nilai ....
A.    material
B.    vital
C.   estetika
D.   etika
E.    moral
4.    Kerinduan untuk memberi apa yang dimilikinya untuk membangun kehidupan orang lain adalah esensi dari nilai ....
A.    kemurahan
B.    kelemahlembutan
C.   sukacita
D.   kebaikan
E.    kesabaran
5.    Berikut ini merupakan nilai-nilai Kristiani yang terdapat dalam Galatia 5:22-23 ....
A.    rendah diri
B.    amarah
C.   pengendalian diri
D.   kepuasan
E.    kegembiraan
6.    Kata kudus yang dipakai Alkitab menggunakan kata ....
A.    santification
B.    hagiasmos
C.   metanoia
D.   aleithea
E.    litourgia
7.    Roh Kudus mempersekutukan orang-orang percaya dalam Jemaat mula-mula sehingga setiap hari mereka berkumpul untuk mendengarkan ajaran para Rasul. Ini adalah pekerjaan Roh Kudus yaitu ....
A.    menyatukan
B.    memberikan sukacita
C.   memberi damai sejahtera
D.   memberikan karunia
E.    melindungi Jemaat
8.    Orang percaya berjuang untuk taat kepada Allah, untuk itu orang percaya membutuhkan pertolongan Roh Kudus. Roh Kudus memberi kepastian bahwa ....
A.    dosa-dosa kita akan diabaikan oleh Allah
B.    dosa-dosa mendapat hukuman
C.   dosa-dosa manusia tidak mungkin diampuni
D.   dosa-dosa kita sudah diampuni
E.    dosa-dosa kita mungkin akan diampuni
9.    Manusia selalu membutuhkan orang lain meskipun dalam kehidupan bersama biasanya ada perselisihan yang terjadi. Hal ini menunjukkan  bahwa manusia diciptakan sebagai ....
A.    makhluk mulia
B.    makhluk pribadi
C.   makhluk unik
D.   makhluk sempurna
E.    makhluk sosial
10.  Manusia cenderung mengeksploitasi sebesar-besar alam, sehingga alam menjadi rusak. Ini menggambarkan akibat dosa manusia yaitu ....
A.    rusaknya hubungan dengan sesama
B.    rusaknya hubungan manusia dengan makluk lain
C.   rusaknya hubungan manusia dengan alam
D.   kematian rohani
E.    kematian jasmani
11.  Langkah awal menuju proses pembaruan yang dikerjakan Allah dalam kehidupan setiap orang adalah ....
A.    pertobatan
B.    penyesalan
C.   kesadaran
D.   keinginan
E.    perubahan pola pikir
12.  Mujizat pertama kali yang dilakukan oleh Tuhan Yesus terjadi pada peristiwa ....
A.    Perkawinan di Kana
B.    penyembuhan orang buta
C.   pengusiran setan
D.   penyembuhan di kolam Bethesda
E.    orang lumpuh bisa berjalan
13.  Tanggungjawab seorang ayah dalam keluarga  terhadap anak-anaknya menurut Efesus 6:4, adalah ....
A.    mendidik dalam ajaran dan nasehat Tuhan
B.    mendidik dengan keras
C.   memberikan apa yang diinginkan oleh anak-anaknya
D.   membiarkan anak untuk memenuhi kebutuhannya
E.    tidak memarahi anak sekalipun anaknya berbuat kesalahan
14.  Masyarakat modern tidak terlalu terikat dengan adat istiadat. Ini adalah ciri gaya hidup ....
A.    terbuka pada inovasi
B.    bertindak rasional
C.   menghargai waktu
D.   menghargai harkat hidup
E.    menghargai prestasi
15.  Suka  berbelanja sekalipun barang yang dibeli tidak banyak digunakannya, termasuk gaya hidup ....
A.    individualisme
B.    konsumerisme
C.   hedonis
D.   liberisme
E.    materialisme
16.  Kasih orang tua terhadap anak-anaknya  adalah kasih yang ….
A.    mencari nafkah
B.    memperjuangkan harta
C.   mengasihi keluarga
D.   rela berkorban
E.    menghargai dan memimpin
17.  Manusia sebagai makluk sosial membutuhkan kebutuhan yang fundamental akan kasih sayang, hal ini merupakan fungsi ….
A.    sosialisasi
B.    pendidikan
C.   ekonomi
D.   pengaturan seksual
E.    afeksi dan rekreasi
18.  Istilah yang digunakan untuk ruang mengajar yang dilakukan Paulus berdasarkan Kisah Para Rasul adalah ....
A.    sinagoge
B.    bar mitsvah
C.   modrosy
D.   skhole
E.    musar
19.  Berdasarkan Ulangan 6:1-9, orangtua memberikan pendidikan kepada anak-anak ....
A.    pada usia dini saja
B.    disetiap waktu dan tempat
C.   dirumah
D.   diperjalanan
E.    pada waktu mau beristirahat
20.  Tujuan pendidikan menurut Alkitab adalah ....
A.    mendapatkan keberhasilan hidup
B.    membebaskan diri dari  keterikatan orang lain
C.   membina keahlian dan watak manusia serta membebaskan manusia dari ketergantungan dari sesuatu atau orang lain
D.   memiliki kepribadian yang baik agar menjadi manusia yang berhasil untuk diri sendiri
E.    memiliki pengetahuan yang tinggi dan menjadi manusia yang cerdas
21.  Hubungan antara sekolah dengan keluarga adalah hubungan yang ....
A.    saling membutuhkan dan melengkapi
B.    bisa diabaikan
C.   tidak terintegrasi
D.   tidak bersinggungan
E.    saling memberikan informasi
22.  Tujuan kebudayaan menurut Mazmur 150 adalah ....
A.    kesejahteraan manusia
B.    perkembangan peradaban manusia
C.   kemudahan manusia menjalani kehidupannya
D.   kemulian nama Tuhan
E.    kebahagiaan manusia
23.  Ilmu dan pengertian yang kita dapat haruslah dimanfaatkan sebagai ....
A.    sarana bagi kemuliaan nama Tuhan dan kesejahteraan manusia
B.    kepentingan diri sendiri
C.   memenuhi segala kebutuhan manusia
D.   sarana kemajuan peradaban
E.    sarana untuk memperoleh kemudahan-kemudahan dalam bekerja
24.  Sejarah Hak Asasi Manusia dapat dirunut ke masa ribuan tahun yang lalu dan ditemukan dalam berbagai perkembangan agama, kebudayaan, filsafat dan hukum. Keluaran 21:1-6 mencatat peraturan yang berkaitan dengan hak asasi yaitu peraturan tentang seorang ....
A.    laki-laki
B.    budak
C.   tuan
D.   perempuan
E.    anak-anak
25.  Pada tahun 1982-1984, terjadi penembakan orang-orang yang melakukan kejahatan/kriminal, preman, tanpa melalui proses peradilan.  Peristiwa ini dikenal dengan ....
A.    peristiwa malari
B.    gerakan Warman
C.   peristiwa Santa Cruz
D.   petrus/penembakan misterius
E.    peristiwa Tanjung Priok
26.  Tokoh yang mengusulkan agar hak asasi manusia dimuat secara jelas di dalam UUD 1945 ketika disusun adalah ....
A.    Soekarno
B.    Moh. Yamin
C.   Moh. Hatta
D.   Syarifudin
E.    Soepomo
27.  Nabi yang mengingatkan Daud yang telah merebut Betsyeba, dan membunuh secara tidak langsung Uria adalah ....
A.    Natan
B.    Natanael
C.   Elia
D.   Eliza
E.    Amos
28.  Hak asasi mengikat siapa pun sehingga tidak dapat ditiadakan, dirampas atau dicabut, karena tanpa hak asasi tersebut manusia akan ....
A.    sengsara
B.    baik
C.   kehilangan kemanusiaannya
D.   mengalami kesewenang-wenangan
E.    mengalami perbudakan
29.  Bagi gereja di Indonesia  memandang bahwa harkat dan martabat semua manusia dihadapan Allah adalah ....
A.    berbeda
B.    ada tingkatannya
C.   masing-masing punya kekhasan
D.   tidak ada yang sama
E.    sama
30.  Pengertian dari multikulturalisme adalah ....
A.    mencampur adukan keyakinan beragama
B.    menyatukan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat
C.   menyatukan antara agama dan budaya
D.   menciptakan budaya yang baru dalam masyarakat
E.    sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan, baik secara individual maupun secara kebudayaan
31.  Hal yang bisa dilakukan dalam gereja yang multi kultur adalah ....
A.    menonjolkan kesukuannya
B.    membangun persatuan diatas perbedaan
C.   menganggap bahwa dirinya yang paling baik
D.   menolak kehadiran komunitas lain
E.    tidak mau bersosialisasi dengan kelompok lain
32.  Galatia 3:28 menasehatkan kepada kita bahwa tidak ada perbedaan satu dengan lainnya karena sudah dipersatukan dalam ....
A.    Kristus
B.    Jemaat
C.   Denominasi Gereja
D.   pelayanan pendeta
E.    dogma gereja
33.  Gereja di Indonesia memahami  tidak ada perbedaan jemaat yang berasal dari daerah, budaya,  maupun status sosial. Dihadapan Allah semuanya menjadi satu jemaat dimana kepalanya adalah ....
A.    Pendeta
B.    Majelis gereja
C.   Penatua
D.   Yesus Kristus
E.    Diaken
34.  Dalam berkomunikasi dengan orang yang berbeda keyakinan sikap eksklusif harus kita hindari, yang dimaksud dengan sikap eksklusif adalah ....
A.    terbuka terhadap keyakinan lain
B.    menerima orang yang beragama lain apa adanya
C.   menghormati penganut agama lain
D.   ikut-ikutan dengan tradisi yang ada
E.    menolak kehadiran orang lain karena memiliki keyakinan yang berbeda
35.  Dalam berhubungan dengan orang lain, Roma 15:1-7 memberi pengajaran kepada kita untuk ....
A.    saling berbuat baik
B.    membedakan orang yang satu dengan lainnya
C.   saling menerima satu dengan lainnya
D.   menjauhkan diri dari dosa
E.    saling memberi hormat
36.  T.B Simatupang mengemukakan pendapatnya terhadap partisipasi orang Kristen terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau memandang bahwa negara adalah ....
A.    alat tangan Tuhan yang membawa ketidak adilan
B.    alat tangan Tuhan yang tidak boleh ditentang kebijakannya
C.   alat tangan Tuhan yang bertujuan untuk menyejahterakan manusia dan memelihara ciptaan
D.   alat tangan Tuhan yang membawa kebaikan
E.    alat tangan Tuhan yang mendatangkan keadilan danketidakbaikan bagi rakyatnya
37.  Sikap Yesus terhadap politik bisa kita temukan dalam Matius 22:15-21. Dia ayat 21b  dikatakan, Maka jawab Yesus:“Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah” . Makna firman ini adalah ....
A.    setiap orang harus peduli dan taat terhadap negaranya, dan pemerintah harus melaksanakan tanggungjawabnya 
B.    setiap orang tidak  harus mempunyai keprihatinan tertentu terhadap kesejahteraan sosial-politik negaranya.
C.   setiap orang harus taat sebagai seorang warga negara, sedangkan pemerintah bebas untuk tidak melaksanakan suatu tanggungjawabnya dihadapan Tuhan
D.   setiap warga negara tidak perlu peduli pada  negaranya karena tidak ada sangkut pautnya dengan dirinya
E.    setiap orang boleh tidak taat sebagai seorang warga negara, sedangkan pemerintah berkewajiban melaksanakan suatu tanggungjawab yang berasal dari  Allah
38.  Sikap demokratis ditumbuh kembangkan dan dipupuk ....
A.    sewaktu remaja
B.    sejak menginjak remaja
C.   sejak dewasa
D.   sejak dini
E.    sewaktu tua
39.  Penyebab konflik antar umat beragama adalah ...
A.    menganggap diri yang paling benar dan yang lain salah sehingga yang lain harus dmusuhi
B.    inklusif
C.   terbuka terhadap keyakinan lain
D.   tidak mau menerima ajaran lain yang berbeda dengan keyakinannya
E.    tidak mau hidup bersama dengan orang lain
40.  Manfaat dari dialog antar iman dalam hubungannya dengan perdamaian adalah ....
A.    membenarkan pemahaman bahwa semua agama sama saja
B.    memiliki titik temu dalam menyatukan agama
C.   menyamakan ajaran agama
D.   menolong orang lain dalam penderitaan
E.    terjaminnya kerukunan dan kedamaian dalam bentuk konkret
41.  Perserikatan Bangsa-Bangsa terbentuk pada ....
A.    26 Juni 1945
B.    27 Juni 1945
C.   26 Juni  1946
D.   27 Juni 1946
E.    26 Juni 1947
42.  Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa di tanda tangani di ....
A.    Swiss
B.    Jerman
C.   Inggris
D.   Sanfransisco
E.    Moskow
43.  Syalom dalam konsep Yudaisme memiliki pengertian ....
A.    ketentraman
B.    damai sejahtera yang di dasarkan pada anugerah Allah
C.   kedamaian yang diidam-idamkan
D.   kedamaian yang tercipta diseluruh alam ciptaan-Nya
E.    ketidakadaan peperangan dan konflik antar manusia
44.  Perang Salib terjadi sampai ....
A.    4 kali
B.    5 kali
C.   6 kali
D.   7 kali
E.    9 kali
45.  Perang Salib terjadi pada tahun 1095 sampai ....
A.    1209
B.    1290
C.   1291
D.   1292
E.    1293
46.  Aum Shamrikyo melakukan aksi teror di Tokyo terjadi pada 20 Maret 1995. Aksi ini dilatar belakangi ....
A.    keprihatinan sosial yang terjadi
B.    munculnya agama baru
C.   ketidak pastian pemerintahan
D.   kekacauan politik
E.    konflik agama
47.  Aksi teror di World Trade Center di New York City terjadi pada tanggal ....
A.    20 Maret 1995
B.    11 September 2000
C.   11 September 2001
D.   11 September 2002
E.    11 September 2003
48.  Berikut ini bukan alasan terjadi konflik ....
A.    perebutan wilayah sumber-sumber alam
B.    keunggulan bangsanya sendiri
C.   egoisme
D.   rasa takut yang berlebuhan
E.    kompetisi untuk menjadi negara adidaya
49.  Berikut ini merupakan konflik rasial yang pernah terjadi di Indonesia ....
A.    Permesta
B.    PRRI
C.   Darul Islam
D.   tragedi Mei 1998
E.    konflik Poso
50.  “Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan, jika haus, berilah minum! Dengan demikian kamu menumpuk bara api di atas kepalanya.” Firman ini terdapat di ....
A.    Amsal 16:17
B.    Roma 12: 1
C.   Roma 12:2
D.   Roma 12:18
E.    Roma 12:20
 
 
 Sumber:
http://paksis-paksis.blogspot.co.id/2017/01/latihan-soal-uasbn-pendidikan-agama.html
 
diakses senin 19 maret 2018     jam 21:30
 
 
 
 

0 comments:

Posting Komentar

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimkVxv75GOxhRXgWcyT73UQSFxiYzsW5jWHvh2QObC-NAO9O9gVRm3B03qCSVLL4tZWwafUtkHUkceR-YNE-tHCFwB8uCavbfUWY3Y_siDqzgGe5t5O85inF3bRMNbJzN03M9HKJayyX8N/s800/bg_star.png