TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Program : XII
Hari/Tanggal :
Waktu : 90 Menit
Pilihlah satu jawaban yang paling
tepat dengan menebalkan bulatan pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban
yang tersedia sesuai dengan pilihan jawaban yang paling tepat!
1.
Orang
yang dewasa secara intektual , ia memiliki inisiatif, berani mencoba, mencari
dan melaksanakan pendekatan lain dalam menyelesaikan masalah. Pola pikir
orang yang dewasa demikian merupakan ciri pola pikir ....
A.
positif
B.
kritis
C.
lateral
D.
kreatif
E.
proaktif
|
2.
Berikut
ini ciri pribadi yang orang yang dewasa dalam aspek sosial ....
A.
tidak
lagi cengeng
B.
mampu
menempatkan diri secara tepat, ditempat dan waktu yang tepat
C.
bisa
mengendalikan diri terhadap dorongan seksual
D.
hidup
takut akan Tuhan
E.
mengatur
pola hidup antara istirahat dan bekerja secara seimbang
|
3.
Nilai
yang berkaitan dengan perbuatan yang baik, benar, dan menghindari perbuatan
yang jahat, merupakan nilai ....
A.
material
B.
vital
C.
estetika
D.
etika
E.
moral
|
4.
Kerinduan
untuk memberi apa yang dimilikinya untuk membangun kehidupan orang lain
adalah esensi dari nilai ....
A.
kemurahan
B.
kelemahlembutan
C.
sukacita
D.
kebaikan
E.
kesabaran
|
5.
Berikut
ini merupakan nilai-nilai Kristiani yang terdapat dalam Galatia 5:22-23 ....
A.
rendah
diri
B.
amarah
C.
pengendalian
diri
D.
kepuasan
E.
kegembiraan
|
6.
Kata
kudus yang dipakai Alkitab menggunakan kata ....
A.
santification
B.
hagiasmos
C.
metanoia
D.
aleithea
E.
litourgia
|
7.
Roh
Kudus mempersekutukan orang-orang percaya dalam Jemaat mula-mula sehingga
setiap hari mereka berkumpul untuk mendengarkan ajaran para Rasul. Ini adalah
pekerjaan Roh Kudus yaitu ....
A.
menyatukan
B.
memberikan
sukacita
C.
memberi
damai sejahtera
D.
memberikan
karunia
E.
melindungi
Jemaat
|
8.
Orang
percaya berjuang untuk taat kepada Allah, untuk itu orang percaya membutuhkan
pertolongan Roh Kudus. Roh Kudus memberi kepastian bahwa ....
A.
dosa-dosa
kita akan diabaikan oleh Allah
B.
dosa-dosa
mendapat hukuman
C.
dosa-dosa
manusia tidak mungkin diampuni
D.
dosa-dosa
kita sudah diampuni
E.
dosa-dosa
kita mungkin akan diampuni
|
9.
Manusia
selalu membutuhkan orang lain meskipun dalam kehidupan bersama biasanya ada
perselisihan yang terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa manusia diciptakan sebagai ....
A.
makhluk
mulia
B.
makhluk
pribadi
C.
makhluk
unik
D.
makhluk
sempurna
E.
makhluk
sosial
|
10. Manusia cenderung
mengeksploitasi sebesar-besar alam, sehingga alam menjadi rusak. Ini
menggambarkan akibat dosa manusia yaitu ....
A.
rusaknya
hubungan dengan sesama
B.
rusaknya
hubungan manusia dengan makluk lain
C.
rusaknya
hubungan manusia dengan alam
D.
kematian
rohani
E.
kematian
jasmani
|
11. Langkah awal menuju
proses pembaruan yang dikerjakan Allah dalam kehidupan setiap orang adalah
....
A.
pertobatan
B.
penyesalan
C.
kesadaran
D.
keinginan
E.
perubahan
pola pikir
|
12. Mujizat pertama kali yang
dilakukan oleh Tuhan Yesus terjadi pada peristiwa ....
A.
Perkawinan
di Kana
B.
penyembuhan
orang buta
C.
pengusiran
setan
D.
penyembuhan
di kolam Bethesda
E.
orang
lumpuh bisa berjalan
|
13. Tanggungjawab seorang
ayah dalam keluarga terhadap anak-anaknya
menurut Efesus 6:4, adalah ....
A.
mendidik
dalam ajaran dan nasehat Tuhan
B.
mendidik
dengan keras
C.
memberikan
apa yang diinginkan oleh anak-anaknya
D.
membiarkan
anak untuk memenuhi kebutuhannya
E.
tidak
memarahi anak sekalipun anaknya berbuat kesalahan
|
14. Masyarakat modern tidak
terlalu terikat dengan adat istiadat. Ini adalah ciri gaya hidup ....
A.
terbuka
pada inovasi
B.
bertindak
rasional
C.
menghargai
waktu
D.
menghargai
harkat hidup
E.
menghargai
prestasi
|
15. Suka berbelanja sekalipun barang yang dibeli
tidak banyak digunakannya, termasuk gaya hidup ....
A.
individualisme
B.
konsumerisme
C.
hedonis
D.
liberisme
E.
materialisme
|
16. Kasih
orang tua terhadap anak-anaknya adalah
kasih yang ….
A.
mencari nafkah
B.
memperjuangkan harta
C.
mengasihi keluarga
D.
rela berkorban
E.
menghargai dan memimpin
|
17. Manusia
sebagai makluk sosial membutuhkan kebutuhan yang fundamental akan kasih
sayang, hal ini merupakan fungsi ….
A.
sosialisasi
B.
pendidikan
C.
ekonomi
D.
pengaturan seksual
E.
afeksi dan rekreasi
|
18. Istilah yang digunakan
untuk ruang mengajar yang dilakukan Paulus berdasarkan Kisah Para Rasul
adalah ....
A.
sinagoge
B.
bar
mitsvah
C.
modrosy
D.
skhole
E.
musar
|
19. Berdasarkan Ulangan
6:1-9, orangtua memberikan pendidikan kepada anak-anak ....
A.
pada
usia dini saja
B.
disetiap
waktu dan tempat
C.
dirumah
D.
diperjalanan
E.
pada
waktu mau beristirahat
|
20. Tujuan pendidikan menurut
Alkitab adalah ....
A.
mendapatkan
keberhasilan hidup
B.
membebaskan
diri dari keterikatan orang lain
C.
membina
keahlian dan watak manusia serta membebaskan manusia dari ketergantungan dari
sesuatu atau orang lain
D.
memiliki
kepribadian yang baik agar menjadi manusia yang berhasil untuk diri sendiri
E.
memiliki
pengetahuan yang tinggi dan menjadi manusia yang cerdas
|
21. Hubungan antara sekolah
dengan keluarga adalah hubungan yang ....
A.
saling
membutuhkan dan melengkapi
B.
bisa
diabaikan
C.
tidak
terintegrasi
D.
tidak
bersinggungan
E.
saling
memberikan informasi
|
22. Tujuan kebudayaan menurut
Mazmur 150 adalah ....
A.
kesejahteraan
manusia
B.
perkembangan
peradaban manusia
C.
kemudahan
manusia menjalani kehidupannya
D.
kemulian
nama Tuhan
E.
kebahagiaan
manusia
|
23. Ilmu dan pengertian yang
kita dapat haruslah dimanfaatkan sebagai ....
A.
sarana
bagi kemuliaan nama Tuhan dan kesejahteraan manusia
B.
kepentingan
diri sendiri
C.
memenuhi
segala kebutuhan manusia
D.
sarana
kemajuan peradaban
E.
sarana
untuk memperoleh kemudahan-kemudahan dalam bekerja
|
24. Sejarah Hak Asasi Manusia
dapat dirunut ke masa ribuan tahun yang lalu dan ditemukan dalam berbagai
perkembangan agama, kebudayaan, filsafat dan hukum. Keluaran 21:1-6 mencatat
peraturan yang berkaitan dengan hak asasi yaitu peraturan tentang seorang
....
A.
laki-laki
B.
budak
C.
tuan
D.
perempuan
E.
anak-anak
|
25. Pada tahun 1982-1984,
terjadi penembakan orang-orang yang melakukan kejahatan/kriminal, preman,
tanpa melalui proses peradilan.
Peristiwa ini dikenal dengan ....
A.
peristiwa
malari
B.
gerakan
Warman
C.
peristiwa
Santa Cruz
D.
petrus/penembakan
misterius
E.
peristiwa
Tanjung Priok
|
26. Tokoh yang mengusulkan
agar hak asasi manusia dimuat secara jelas di dalam UUD 1945 ketika disusun
adalah ....
A.
Soekarno
B.
Moh.
Yamin
C.
Moh.
Hatta
D.
Syarifudin
E.
Soepomo
|
27. Nabi yang mengingatkan
Daud yang telah merebut Betsyeba, dan membunuh secara tidak langsung Uria
adalah ....
A.
Natan
B.
Natanael
C.
Elia
D.
Eliza
E.
Amos
|
28. Hak asasi mengikat siapa
pun sehingga tidak dapat ditiadakan, dirampas atau dicabut, karena tanpa hak
asasi tersebut manusia akan ....
A.
sengsara
B.
baik
C.
kehilangan
kemanusiaannya
D.
mengalami
kesewenang-wenangan
E.
mengalami
perbudakan
|
29. Bagi gereja di
Indonesia memandang bahwa harkat dan
martabat semua manusia dihadapan Allah adalah ....
A.
berbeda
B.
ada
tingkatannya
C.
masing-masing
punya kekhasan
D.
tidak
ada yang sama
E.
sama
|
30. Pengertian dari
multikulturalisme adalah ....
A.
mencampur
adukan keyakinan beragama
B.
menyatukan
unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat
C.
menyatukan
antara agama dan budaya
D.
menciptakan
budaya yang baru dalam masyarakat
E.
sebuah
ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan, baik
secara individual maupun secara kebudayaan
|
31. Hal yang bisa dilakukan
dalam gereja yang multi kultur adalah ....
A.
menonjolkan
kesukuannya
B.
membangun
persatuan diatas perbedaan
C.
menganggap
bahwa dirinya yang paling baik
D.
menolak
kehadiran komunitas lain
E.
tidak
mau bersosialisasi dengan kelompok lain
|
32. Galatia 3:28 menasehatkan
kepada kita bahwa tidak ada perbedaan satu dengan lainnya karena sudah dipersatukan
dalam ....
A.
Kristus
B.
Jemaat
C.
Denominasi
Gereja
D.
pelayanan
pendeta
E.
dogma
gereja
|
33. Gereja di Indonesia
memahami tidak ada perbedaan jemaat
yang berasal dari daerah, budaya,
maupun status sosial. Dihadapan Allah semuanya menjadi satu jemaat
dimana kepalanya adalah ....
A.
Pendeta
B.
Majelis
gereja
C.
Penatua
D.
Yesus
Kristus
E.
Diaken
|
34. Dalam berkomunikasi
dengan orang yang berbeda keyakinan sikap eksklusif harus kita hindari, yang
dimaksud dengan sikap eksklusif adalah ....
A.
terbuka
terhadap keyakinan lain
B.
menerima
orang yang beragama lain apa adanya
C.
menghormati
penganut agama lain
D.
ikut-ikutan
dengan tradisi yang ada
E.
menolak
kehadiran orang lain karena memiliki keyakinan yang berbeda
|
35. Dalam berhubungan dengan
orang lain, Roma 15:1-7 memberi pengajaran kepada kita untuk ....
A.
saling
berbuat baik
B.
membedakan
orang yang satu dengan lainnya
C.
saling
menerima satu dengan lainnya
D.
menjauhkan
diri dari dosa
E.
saling
memberi hormat
|
36. T.B Simatupang
mengemukakan pendapatnya terhadap partisipasi orang Kristen terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara. Beliau memandang bahwa negara adalah ....
A.
alat
tangan Tuhan yang membawa ketidak adilan
B.
alat
tangan Tuhan yang tidak boleh ditentang kebijakannya
C.
alat
tangan Tuhan yang bertujuan untuk menyejahterakan manusia dan memelihara
ciptaan
D.
alat
tangan Tuhan yang membawa kebaikan
E.
alat
tangan Tuhan yang mendatangkan keadilan danketidakbaikan bagi rakyatnya
|
37. Sikap Yesus terhadap
politik bisa kita temukan dalam Matius 22:15-21. Dia ayat 21b dikatakan, Maka jawab Yesus:“Berikanlah
kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa
yang wajib kamu berikan kepada Allah” . Makna firman ini adalah ....
A.
setiap
orang harus peduli dan taat terhadap negaranya, dan pemerintah harus
melaksanakan tanggungjawabnya
B.
setiap
orang tidak harus mempunyai
keprihatinan tertentu terhadap kesejahteraan sosial-politik negaranya.
C.
setiap
orang harus taat sebagai seorang warga negara, sedangkan pemerintah bebas
untuk tidak melaksanakan suatu tanggungjawabnya dihadapan Tuhan
D.
setiap
warga negara tidak perlu peduli pada
negaranya karena tidak ada sangkut pautnya dengan dirinya
E.
setiap
orang boleh tidak taat sebagai seorang warga negara, sedangkan pemerintah
berkewajiban melaksanakan suatu tanggungjawab yang berasal dari Allah
|
38. Sikap demokratis ditumbuh
kembangkan dan dipupuk ....
A.
sewaktu
remaja
B.
sejak
menginjak remaja
C.
sejak
dewasa
D.
sejak
dini
E.
sewaktu
tua
|
39. Penyebab konflik antar
umat beragama adalah ...
A.
menganggap
diri yang paling benar dan yang lain salah sehingga yang lain harus dmusuhi
B.
inklusif
C.
terbuka
terhadap keyakinan lain
D.
tidak
mau menerima ajaran lain yang berbeda dengan keyakinannya
E.
tidak
mau hidup bersama dengan orang lain
40. Manfaat dari dialog antar
iman dalam hubungannya dengan perdamaian adalah ....
A.
membenarkan
pemahaman bahwa semua agama sama saja
B.
memiliki
titik temu dalam menyatukan agama
C.
menyamakan
ajaran agama
D.
menolong
orang lain dalam penderitaan
E.
terjaminnya
kerukunan dan kedamaian dalam bentuk konkret
|
41. Perserikatan Bangsa-Bangsa
terbentuk pada ....
A. 26 Juni 1945
B. 27 Juni 1945
C. 26 Juni 1946
D. 27 Juni 1946
E. 26 Juni 1947
42. Piagam Perserikatan
Bangsa-Bangsa di tanda tangani di ....
A. Swiss
B. Jerman
C. Inggris
D. Sanfransisco
E. Moskow
43. Syalom dalam konsep
Yudaisme memiliki pengertian ....
A. ketentraman
B. damai sejahtera yang di
dasarkan pada anugerah Allah
C. kedamaian yang
diidam-idamkan
D. kedamaian yang tercipta
diseluruh alam ciptaan-Nya
E. ketidakadaan peperangan dan
konflik antar manusia
44. Perang Salib terjadi sampai
....
A. 4 kali
B. 5 kali
C. 6 kali
D. 7 kali
E. 9 kali
45. Perang Salib terjadi pada
tahun 1095 sampai ....
A. 1209
B. 1290
C. 1291
D. 1292
E. 1293
46. Aum Shamrikyo melakukan
aksi teror di Tokyo terjadi pada 20 Maret 1995. Aksi ini dilatar belakangi ....
A. keprihatinan sosial yang
terjadi
B. munculnya agama baru
C. ketidak pastian
pemerintahan
D. kekacauan politik
E. konflik agama
47. Aksi teror di World Trade
Center di New York City terjadi pada tanggal ....
A. 20 Maret 1995
B. 11 September 2000
C. 11 September 2001
D. 11 September 2002
E. 11 September 2003
48. Berikut ini bukan alasan
terjadi konflik ....
A. perebutan wilayah sumber-sumber
alam
B. keunggulan bangsanya
sendiri
C. egoisme
D. rasa takut yang berlebuhan
E. kompetisi untuk menjadi
negara adidaya
49. Berikut ini merupakan
konflik rasial yang pernah terjadi di Indonesia ....
A. Permesta
B. PRRI
C. Darul Islam
D. tragedi Mei 1998
E. konflik Poso
50. “Tetapi, jika seterumu
lapar, berilah dia makan, jika haus, berilah minum! Dengan demikian kamu
menumpuk bara api di atas kepalanya.” Firman ini terdapat di ....
A. Amsal 16:17
B. Roma 12: 1
C. Roma 12:2
D. Roma 12:18
E. Roma 12:20
Sumber:
http://paksis-paksis.blogspot.co.id/2017/01/latihan-soal-uasbn-pendidikan-agama.html
diakses senin 19 maret 2018 jam 21:30
0 comments:
Posting Komentar